Tonggak Baru Industri Kopi Indonesia Dimulai

Agustus 17, 2015

LIPUTAN-AGRIBISNIS.COM – Mondelēz International meluncurkan program Coffee Made Happy di Jakarta,  sekaligus membuka Pusat Pelatihan Petani di Semendo, Lampung. Langkah ini merupakan wujud tekad perusahaan itu untuk memberdayakan petani kopi di seluruh dunia.

“Mondelēz International adalah salah satu perusahaan pembeli biji kopi Indonesia terbesar dan Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi fokus dari program Coffee Made Happy,” ujar Geraldine O’Grady, Global Coffee Sustainability Manager Mondelēz International.

Sebagai perusahaan kopi terbesar kedua di dunia, menurut Geraldine O’Grady, Mondelēz Internationali berkomitmen menginvestasikan minimum US$200 juta untuk memberdayakan satu juta petani kopi di beberapa negara penghasil kopi hingga tahun 2020.

“Coffee Made Happy adalah sebuah inisiatif global yang diciptakan untuk membantu generasi petani selanjutnya,” papar Geraldine.

Tingkatkan Produktivitas Kopi Petani Kecil

Bantuan itu, tambahnya, berupa langkah untuk menginspirasi, melatih, dan membangun kapasitas petani untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan mengajak generasi muda terlibat di sektor pertanian mikro. 

“Melalui program ini, kami ingin membantu menemukan solusi terhadap berbagai tantangan yang dihadapi oleh para petani demi terciptanya pasokan yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Jadi,  lanjut Geraldine, program ini akan meningkatkan produktivitas dan kelangsungan hidup petani kopi berskala kecil, memperkuat praktik-praktik pertanian dan membangun komunitas kopi yang lebih berkelanjutan.

Mondelēz International sendiri memang telah berkolaborasi dengan berbagai mitra  seperti Rainforest Alliance, Institusi Penelitian Kopi dan KakaoIndonesia (ICCRI), 4C Association, dan IDH –Inisiatif Perdagangan Berkelanjutan– untuk menjalankan program berkelanjutan ini.

Tonggak Industri Kopi Indonesia

“Dengan memberi dukungan kepada para petani kopi Indonesia. Dari teknik pengolahan lahan dan pengendalian kualitas, hingga pengembangan dan implementasi rencana bisnis yang efektif, Mondelēz International berharap dapat berkontribusi terhadap transformasi industri kopi Indonesia,” urai Geraldine..

Jadi, tegasnya, Coffee Made Happy ini menandai sebuah tonggak baru bagi industri kopi Indonesia.

Pusat Pelatihan Petani di Semendo, Lampung, sendiri merupakanhasil kolaborasi antara Mondelēz International dan organisasi swasta di Indonesia. Pusat Pelatihan ini akan memberi pelatihan langsung kepada 3.000 petani berskalakecil.

Para petani tersebut akan mendapatkan pelatihan mengenai penggunaan peralatan dan perlengkapan, pencatatan transaksi bisnis, dan pengaturan anggaran belanja,sertakemampuan untuk membuat rencana bisnis.

Sumber Berita:
http://www.liputan-agribisnis.com/berita-pilihan/tongggak-baru-industri-kopi-indonesia-dimulai
Sumber Gambar :  www.mondelezinternational.com.au/~/media/InnovationHub/en/Images/Media%252520Centre/Video%252520Library/COFFEE-MADE-HAPPY-Introduction.jpg

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »